Kumpulan Cerita, Informasi, Tips dan Trik Terbaru

Jumat, 08 September 2017

Cara Tracking Mencari Satelit Telkom 3S Untuk 2 LNB

Tracking satelit Telkom 3S menjadi pembicaraan akhir akhir ini karena dampak satelit Telkom 1 hilang sinyal beberapa hari kemarin. Ditambah beberapa channel yang dulunya ada di Telkom 1 migrasi ke Telkom 3S.
Telkom 3S menjadi pilihan untuk migrasi karena posisinya dekat dengan Telkom 1 yang dimiliki oleh Telkom. Yang menjadi masalah adalah satelit Telkom 3S berbeda posisi dengan Telkom 1 maka mau tidak mau untuk mencari satelit Telkom 3S harus merubah instalasi parabola yang sudah dipunya.
Cara Tracking Mencari Satelit Telkom 3S Untuk 2 LNB Kali ini kita akan membahas cara tracking satelit Telkom 3S yang menggunakan parabola dengan 2 LNB yang sebelumnya sudah terpasang untuk Palapa D dan Telkom 1. Untuk pemasangan baru silahkan baca baca cara tracking satelit parabola untuk pemula yang sudah pernah Satelit Indonesia bahas.
Karena kita membahas cara mencari satelit Telkom 3S dengan perangkat parabola yang sebelumnya untuk Palkom ( Palapa D dan Telkom 1 ) dengan memakai 2 LNB maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena sebelumnya palkom pasti salah satu menjadi fokus dan satunya off set.

Cara Tracking Telkom 3S Fokus Palapa D

Jika sebelumnya pemasangan Palapa D fokus, dan yang hilang adalah Telkom 1 maka kita tidak perlu merubah posisi dish parabola karena target kita adalah Palapa D dengan Telkom 3S. Posisi Telkom 1 di 108.2E, Palapa D 113E dan Telkom 3S 118E maka jarak antara Palapa D dengan Telkom 1 dan Palapa D dengan Telkom 3S hampir sama atau bisa dibilang sama. Maka kita tidak perlu merubah jarak LNB, sehingga pekerjaan jadi lebih mudah.
Posisi satelit Telkom 1 di barat Palapa D dan Telkom 3 di timur Palapa D maka posisi LNB mesti dirubah 180 derajat karena fokus tetap di Palapa D, karena jarak hampir sama maka jarak LNB tetap. Maka kita bisa dengan memutar tiang LNB nya 180 derajat, dimana LNB untuk Telkom 1 yang sebelumnya di timur LNB Palapa D di rubah posisi menjadi di barat Palapa D untuk mendapatkan Telkom 3S. Cara yang bisa dikerjakan :
  1. Untuk pengguna tiang LNB cangkul, kita tinggal memutar tiang LNB ke kanan atau kiri tanpa merubah posisi dish parabola hingga mendapatkan sinyal maksimal kedua satelit.
  2. Untuk pengguna tiang LNB triport, lepas 3 tiang dari dish, putar posisinya, jika sebelumnya ada tiang yang diposisi barat jadikan ke timur dan sebaliknya, dan jika pasang salah satu di utara maka dirubah ke selatan dan begitu sebaliknya.
Gambaran proses ini seperti tampak pada gambar no 1 menjadi no 2

Cara Mencari Telkom 3S Fokus Telkom 1

Jika sebelumnya pemasangan LNB fokus Telkom 1 maka mau tidak mau kita harus merubah posisi dish agar salah satu jadi fokus. Disini kita tidak usah merubah jarak LNB nya kalaupun mau di renggangin sedikit saja. Karena awal fokus Telkom 1 maka disarankan untuk mendapatkan satelit Telkom 3S, fokus di Palapa D
Untuk tracking Telkom 3S, lakukan tracking seperti biasa, buka penyangga dish gerakkan ketimur dengan patokan LNB Telkom 1 untuk mencari satelit Palapa D dengan mendorong dish sehingga posisi arah lebih ke timur. Jika sudah ketemu sinyal untuk Palapa D, maka kemungkinan besar akan mendapatkan Telkom 3S.
Gambaran proses ini seperti tampak pada gambar no 3 menjadi no 2
Dari kedua posisi fokus ini pasti ada yang bertanya bagaimana setting switch 22K atau diseqc nya. Untuk pengaturan switch itu terserah kita mau ON atau OFF ataupun di taruh di port manapun silahkan. Yang penting posisi arah LNB ke dish tepat ke satelit. Jangan terpaku Palapa D harus ON tidak boleh off atau harus port 1 dan sebagainya, karena pengaturan itu terserah kita dan pengaturan di receiver tergantung pemasangan switch diseqc nya.
Sampai disini semoga tidak ada yang bingung lagi bagaimana cara tracking untuk mencari satelit Telkom 3S,semoga bermanfaat.

Sumber :  http://www.satelitindonesia.com/2017/08/cara-tracking-mencari-satelit-telkom-3s-untuk-2-lnb.html
20.53 1 comment » by Unknown

1 komentar:

  1. Gan,saya udah putar 180 drjt,jaring di miringkan sudah,seting 22k udh d bolak balik tp ttp aj palapa masuk sdngkn telkom hilng dan sbliknya...gmna solusinya gan?

    BalasHapus

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Blogroll

Pages

Blogroll

About